Sen. Sep 26th, 2022

Welcome to my blog, apa kabar kamu semoga selalu sehat, di kesempatan ini yang akan di bahas pada artikel kali ini adalah mengenai bagaimana pertolongan pertama yang bisa untuk menyembuhkan diare di rumah, untuk itu baca artikel ini sampai selesai agar tidak ketinggalan info dan tipsnya mari kita mulai.

 

Diare merupakan salah satu penyakit yang bisa diderita oleh siapa saja. Dari bayi, anak-anak, hingga dewasa bisa mengalami penyakit yang satu ini. Setidaknya seseorang dewasa dapat mengalami 4 kali diare dalam satu tahun. Diare ini disebabkan oleh banyak hal seperti konsumsi obat-obatan tertentu, infeksi virus atau bakteri, intoleransi laktosa, mengonsumsi makanan pedas, dan juga masih banyak lainnya.

 

Kemudian ketika mengalami diare gejala yang timbulkan adalah feses lembek dan buang air besar dengan sering. Ketika mengalami diare, Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan beberapa cara. Seperti dengan berusaha menyembuhkan diare dengan pertolongan pertama yang bisa dilakukan di rumah sebagai berikut ini:

 

1. Mengonsumsi banyak cairan

Salah satu hal yang harus dilakukan ketika mengalami diare adalah menjaga kadar cairan tubuh. Pastikan Kamu mengonsumsi banyak air saat diare, karena juga kehilangan banyak cairan. Sehingga hal ini akan dapat mengganti cairan tubuh yang hilang dan mencegah mengalami dehidrasi yang akan dapat memperburuk kondisi. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, Kamu bisa menggunakan konsumsi oralit yang bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan utama air, garam, dan gula dengan takaran yang tepat. Cara dan juga bahasan mengenai oralit dengan lengkap bisa Kamu baca di Diarepedia.

 

2. Mengonsumsi makanan rendah serat

Tips selanjutnya yang bisa digunakan untuk pertolongan pertama ketika mengalami diare adalah mengonsumsi makanan yang rendah serat. Apabila mengonsumsi makanan tinggi serat, hal tersebut justru akan membuat diare yang dialami tambah parah. Sehingga pastikan untuk memilih makanan yang tepat saat diare yaitu makanan rendah serat tinggi karbohidrat yang dapat menjadi cara penyembuhan diare. Beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi selama diare adalah pisang, nasi putih atau merah, saus apel, kentang, selai kacang, daging ayam, dan roti tawar panggang.

 

3. Probiotik

Selain makanan yang rendah serat, jenis bahan lainnya yang baik untuk diare adalah yang kaya akan probiotik. Makanan tinggi probiotik mempunyai bakteri baik yang akan dapat membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Selain itu kandungan ini juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga membantu melawan bakteri yang menyebabkan diare. Oleh karena itulah selama diare konsumsi makanan, minuman, dan bahan yang mempunyai probiotik baik seperti yogurt, tempe, dan lainnya.

 

4. Teh chamomile

Ketika mengalami masalah gangguan pencernaan, minuman hangat bisa menjadi salah satu cara yang akan dapat mengatasi hal tersebut. Begitu juga ketika Kamu mengonsumsi teh chamomile yang akan dapat menjadi salah satu cara penyembuhan diare dengan efektif. Teh chamomile dapat mengatasi gejala perut kembung, sakit perut, dan juga mual yang menjadi tanda dari diare. Sehingga bagi yang mengalami diare ringan bisa mengonsumsi teh chamomile yang bisa dimaksimalkan dengan campuran sehat seperti madu untuk mendapatkan khasiatnya.

 

5. Makan dalam porsi kecil

Langkah terakhir yang bisa digunakan untuk menyembuhkan diare yang dialami adalah dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil. Selain dari memilih jenis makanan yang baik dan menghindari makanan yang dapat membuat diare tambah parah, Kamu juga harus memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi tersebut. Pastikan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi yang tepat yaitu yang kecil tetapi sering.

 

Dan itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pengobatan pertama di rumah, dan ada satu hal lagi yang bisa kamu lakukan untuk mengobati diare yaitu dengan mengkonsumsi obat diare yang ampuh mengatasinya seperti entrostop.

 

Entrostop memang sangat ampuh untuk mengatasi diare apalagi jika di tambahn dengan hal – hal di atas, saya juga demikian disaat sedang diare saya selalu mengkonsumsi entrostop serta melakukan tips yang ada di atas dan diare yang saya alami juga cepat sembuhnya oleh sebab itulah saya selalu menyediakannya di rumah untuk jaga – jaga di saat diare menyerang.

 

Dan ingat jangan paksa perut yang mengalami diare untuk memproses makanan yang berat, sehingga hal tersebut juga akan membuat kerja usus bertambah dan menjadikan diare yang kamu alami menjadi lebih parah. Semoga info dan tips di atas bermanfaat.

By admin