Sen. Sep 26th, 2022

Cocopeat merupakan salah satu produk yang bisa menjadi media tanam selain tanah. Media tanam satu ini berasal dari bahan yaitu sabut kelapa. Media tanam ini juga sering disebut sebagai cocofiber yang artinya serat sabut dan serbuk sabut.

Cocopeat media tanam berasal dari kulit ari atau sekam pada buah kelapa yang biasanya dijadikan limbah industri. Namun ternyata media tanam ini atau cocofiber memiliki banyak sekali keunggulan salah satunya sebagai media tanam untuk berbagai tanaman.

Mengenal Cocopeat

Cocopeat dipakai dalam bidang pertanian dan juga holtikultura dimanfaatkan sebagai media tanam untuk tanaman model hidroponik. Tanaman hidroponik tidak menggunakan media tanah sehingga bisa memanfaatkan serbuk kelapa ini. Namun serbuk sabut kelapa ini punya kandungan nutrien yang cukup rendah jadi saat digunakan sebagai media tanam maka membutuhkan media atau komponen lainnya supaya tanaman tetap tumbuh subur.

Biasanya dibutuhkan kompos atau pupuk organik untuk alternatif campuran media tanam karena kadar pH dari serbuk sabut ini sedikit lebih asam. Serbuk sabut ini perlu dilakukan sterilisasi dengan hidrogen peroksida agar tidak mengandung trichoderma sp.

Varian Cocopeat

Cocopeat adalah limbah serbuk sabut kelapa yang diproses lewat pencucian, pemanasan dan juga penyaringan serta pemeriksaan teliti sebelum dilakukan pemrosesan menjadi serbuk kelapa yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Serbuk kelapa ini sebelum dilakukan pengemasan bentuknya adalah serbuk curah atau dikemas dalam kemasan kompres berbentuk balok, lempengan papan dan juga lempengan cakram.

Saat digunakan sebagai media tanam, maka serbuk sabut ini harus ditambah air untuk menguraikannya dan mengembangkannya serta membuatnya terangin. Umumnya cocopeat dengan berat 1 kg bisa terurai menjadi 15 liter serbuk sabut basah. Setelah itu, struktur dari serbuk kelapa ini jika dikemas dalam bentuk kompres akan bisa terurai dalam jangka waktu 10 tahun pemakaian sehingga sangat menguntungkan karena hemat.

Penggunaan Cocopeat Dalam Berbagai Industri

Cocopeat menjadi salah satu trend media tanam saat ini, jika zaman dahulu untuk media tanam bunga anggrek menggunakan sabut kelapa namun penggunaan serbuk sabut ini jauh lebih baik. Karena bebas bakteri dan bebas spora fungi. Bahan dari serbuk sabut juga sangat ramah lingkungan. Untuk budidaya jamur, sabut kelapa bisa dimanfaatkan sebagai substrat. Substrat ini digunakan untuk memberikan nutrisi pada pertumbuhan jamur karena punya kandungan selulosa dan lignin yang cukup tinggi.

Serbuk sabut dalam keadaan kering mampu menyerap minyak di lantai yang licin. Sementara untuk dunia hewan, maka serbuk sabut bisa menjadi salah satu alas tidur hewan peliharaan karena bisa menyerap kotoran dengan baik.  Penggunaannya bisa digunakan berulang kali sampai 3 kali pemakaian.

Dalam dunia hidroponik, serbuk sabut ini difungsikan sebagai penahan air karena mudah kembali basah dengan cepat meski dalam kondisi kekeringan. Serbuk kelapa ini bisa menahan udara kurang lebih 1000 kali lipat daripada media tanah.

 

Itu tadi pengenalan cocopeat sebagai media tanam yang paling baik. Karena sifatnya yang hidrofilik atau suka air, membuatnya mampu menyerap air sangat baik dan cocok untuk media tanam pengganti tanah. Anda yang membutuhkan serbuk sabut ini maka bisa mendapatkannya pada TANAMI. Di TANAMI anda bisa menemukan serbuk sabut dengan kualitas terbaik. Dan saat pemesanan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak hanya serbuk sabut saja, tapi TANAMI juga menjual coconut fiber, coconut charcoal, coco sheet dan masih banyak lagi. Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa hubungi lewat, Whatsapp +62 812-1233-3590 (Maria/Fajar)

By admin