Ming. Sep 19th, 2021

Bawang merah dikenal sebagai bumbu dapur yang juga punya banyak khasiat untuk kesehatan. Bawang merah sendiri, adalah tanaman yang banyak dibudidayakan untuk sumber kehidupan para petani bawang merah. Tetapi jika anda ingin belajar bercocok tanam dengan menanam bawang merah, ada step-step cara menanam bawang merah terbaik yang bisa anda ikuti.

Kali ini akan dijelaskan cara menanam bawang merah di pekarangan rumah yang tidak luas agar bisa memanfaatkan lahan sempit. Berikut beberapa tahapan yang perlu Anda ikuti.

1. Menanam Bawang Merah Di Pekarangan Rumah

Cara menanam bawang merah di pekarangan rumah baik di halaman depan maupun halaman belakang Anda harus tahu waktu yang tepat untuk menanamnya. Menanam bawang merah untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka harus dilakukan pada pertengahan November dan juga Maret.

Pertama sekali Anda harus menanam dengan cara mengukur bibit bawang merah berjarak 20 X 15 cm. Anda harus pastikan bahwa ujung daun ada di atas tanah. Ketika Anda memilih untuk menanam pada musim kemarau maka bibit bawang merah yang ditanam harus disiram dua kali sehari pada pagi dan sore sampai menjelang panen. Namun jika memilih untuk menanam bawang merah pada musim hujan maka penyiraman tidak boleh terlalu sering dilakukan karena bisa membuat bibit menjadi busuk.

Perawatan tanaman bawang merah harus dilakukan dengan melakukan penyiangan dua sampai tiga kali untuk musim tanam. Yang paling penting adalah 2 minggu setelah bawang merah di tanaman harus disiangi terlebih dahulu. Waktu panen bawang merah dilakukan jika 80% daun sudah rebah dan bagian pangkalnya terasa lemas saat dipegang. Bawang merah siap panen ciri-cirinya yaitu terlihat umbi yang sudah terbentuk penuh dan muncul ke permukaan tanah serta bawang merah sudah berwarna keunguan.

2. Menanam Bawang Merah Di Pot

Jika anda tidak memiliki pekarangan rumah tapi tetap ingin menanam bawang merah, bisa memanfaatkan media pot. Cara menanam bawang merah di pot tidak terlalu sulit seperti di pekarangan. Namun tentu saja hasil yang anda dapatkan akan jauh lebih sedikit karena mediannya hanya pot saja.

Pertama sekali Anda harus siapkan pot, tanah, bawang merah utuh dan juga tempat yang benar-benar terkena paparan sinar matahari langsung. Masukkan tanah ke dalam pot teluk kubur bawang merah dengan jarak 15 cm untuk setiap bawang merah yang ditanam.

Kemudian untuk perawatan bawang merah sebaiknya disiram menggunakan air secara perlahan seminggu sekali. Jika cuaca sedang panas maka harus disiram setiap hari atau jika kekeringan tanah sudah mencapai kedalaman 2,5 cm. Harus pastikan bahwa pot berisi tanaman bawang merah mendapatkan paparan sinar matahari selama 6 jam setiap hari.

Berikan pula tambahan pupuk agar bawang merah tumbuh subur. Pemberian pupuk dilakukan setiap 1 minggu sekali dari awal penanaman hingga umbi dari bawang merah mulai membengkak.

 

Itu tadi beberapa cara menanam bawang merah yang bisa anda lakukan baik di pekarangan rumah yang luas maupun media tanam pot. Berkebun dengan media tanam yang sempit tentu melatih anda untuk bersabar. Dan harus bisa memanfaatkan lahan sebaik-baiknya agar jumlah penanaman bibit bawang merah bisa lebih banyak dan menghasilkan panen yang maksimal.

Review lengkap tentang cara untuk menanam bawang merah juga bisa anda temukan pada SehatQ. Di SehatQ yang merupakan platform kesehatan keluarga ini menyajikan informasi dan artikel berdasarkan fakta yang bisa dipercaya.

By admin